Final Project STI

Space Glow

Space Glow adalah sebuah Mini-Game yang mempunyai konsep yang berbeda dengan Final Project lainnya, karena menghadirkan 2 pilihan Game dalam 1 Scratch. Memberikan tampilan yang minimalis dengan menonjolkan effect glow(bersinar) dalam setiap Sprite-nya.

Game ini terinspirasi dari Game Android dengan nama "Micro Battles". Merupakan sebuah kumpulan Mini Game, dimainkan Multiplayer. Dan hanya dengan menekan 1 tombol untuk memainkannya. Sangat sederhana dan mengasyikkan, oleh karena itu kami tertarik untuk membuat game yang sejenis

Seperti yang terlihat, di Menu terdapat 2 pilihan Gam. Disamping mempunyai 2 pilihan Game. Space Glow juga merupakan Game Multiplayer, yang berarti bisa dimainkan oleh 2 orang.

Cara Bermainnya pun cukup mudah.
Menekan tombol 'A' untuk melakukan aksi bagi pemain sebelah kiri

Menekan tombol 'L' untuk melakukan aksi bagi pemain sebelah kanan

Menekan tombol 'M' untuk kembali ke menu utama setelah ada pemain yang menang/kalah

Yang pertama adalah Space Cowboy
Space Cowboy, Game Multiplayer yang terinspirasi dari baku tembak antar Cowboy. Yang kami implementasikan dalam bentuk Pesawat Ruang angkasa yang saling tembak. Apabila mengenai meteor maka tembakan akan berubah arah. Dan poin akan bertambah bila mengenai pesawat musuh.

*Peraturan permainan :
Pemain bergantian untuk menembak
Setelah menembak pemain bisa menekan kontrol untuk pindah arah gerak dengan menekan tombol aksi masing-masing

Yang kedua adalah Space Soccer

Space Soccer,  Game Multiplayer yang terinspirasi dari pertandingan sepakbola. Yang kami implementasikan dalam gerakan alien untuk mengarahkan planet memasuki galaksi. Apabila planet berhasil masuk kedalam galaksi maka poin akan bertambah.

*Peraturan Permainan : 
Pemain menabrak planet dengan menggunakan kepala UFO
Ada tembakan diibaratkan sebagai supporter dan tidak berpengaruh pada apapun

Kedua game diatas memiliki batas poin 10, sehingga apabila salah satu pemain telah mendapatkan poin 10. Maka secara otomatis pemain tersebut akan memenangkan game.

Untuk Spritenya sendiri kami menggunakan satu sumber yaitu


 Sumber : http://www.freepik.com, Designed by 3ab2ou
Dengan memotong setiap gambar yang kami butuhkan. Mengedit di Illustrator dan Photoshop (memberikan efek glow dan mengubah format menjadi PNG), kemudian memasukkannya kedalam Scratch sebagai Sprite.

Untuk Sprite dalam bentuk tulisan, kami menulis dengan font "Space Age" di Photoshop, memberikan efek glow menyimpan dalam format PNG, kemudian memasukkannya kedalam Scratch sebagai Sprite.

Untuk Sound Effect kami mengambil sumber dari :
Dari kedua sumber diatas kami bisa memberikan backsound, efek ketika menembak, efek ketika menabrak, dll. 

Dan ini adalah Game nya


Komentar