Fit for the Future: A Sharing of Experience

Kuliah Tamu
Fit for the Future: A Sharing of Experience

Pak Holly(nama panggilan Pak Ahmadsyah) merupakan salah satu alumni Informatika ITS yang terbilang sukses. Beliau merupakan seorang Technical Data Consultant yang memiliki banyak pengalaman dan pernah bekerja di Landmark Graphics Netherlands. Sekarang bekerja di Shell sebagai Data Architect. Untuk mencapai keberhasilan tersebut, beliau sejak SMP dan SMA sudah berkecimpung dengan komputer. Sehingga beliau sangat bersungguh-sungguh ketika kuliah di Informatika, dan mendalami hal yang berhubungan dengan database.

Beliau menjelaskan perbedaan antara Scientist dan Engineer. Scientist fokus pada penelitian, sedangkan engineer lebih ke penerapan dan mengandalkan data. Oleh karena itu pada dunia perminyakan data bernilai sangat mahal.

Selain itu kita juga diberi pilihan antara menjadi Generalist atau Specialist. Generalist menguasai banyak hal tapi hanya dasar-dasarnya saja, sedangkan Specialist fokus pada bidang tertentu dan mendalami hal tersebut. Pada umumnya Specialist lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan daripada Generalist, akan tetapi jika sudah mulai bekerja gaji Specialist relatif lebih sedikit daripada Generalist.

Dengan motto  "man jadda wajada" atau there is a will, there is a way, selalu berjuang dan jangan pernah menyerah dalam meraih mimpi kita. tapi selain itu ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan, antara lain :
  • Interest
Lakukanlah hal yang sesuai dengan minat atau ketertarikan kita, karena dengan melakukan hal tersebut kita bisa lebih enjoy dalam mengerjakan sesuatu. Mulai cari tahu apa yang menjadi minat kita sedini mungkin.
  • Vision Board
Jangan malu untuk menunjukkan mimpi kita ke orang lain, taruh mimpian kita ditempat-tempat yang sering kita lihat. Dalam bentuk note, hiasan ataupun yang lainnya, sehingga kita bisa selalu ingat akan mimpi tersebut dan berusaha mewujudkannya
  • Job Training
Jikalau ada kesempatan untuk menambah pengalaman yang berhubungan dengan minat yang kita miliki, jangan pernah sia siakan kesempatan itu. Karena dengan hal tersebut kita bisa menerapkan apa yang telah dipelajari selama ini.
  • Personal Branding
Persiapkan diri sebaik mungkin, ikuti pelatihan atau sertifikasi. Tambah keahlian-keahlian yang sekiranya dapat membuat harga jual kita lebih tinggi.

Selain hal-hal di atas, juga ada skill-skill yang sebaiknya dikuasai untuk menunjang kita dalam dunia kerja, antara lain :
  • IT Skill(Application, Database, Network, Operating System)
  • Business Skill
  • Domain Skill
  • Communication Skill(public speaking)
  • Leadership Skill(authencity, collaboration, interaction)
  • Networking Skill(mentorship)
Sebagai penutup, beliau juga menjelaskan tentang
TOP 10 DIGITAL TRANSFORMATION TRENDS FOR 2020:
  1. 5G for You and Me
  2. A faster WiFi for a faster world
  3. Analytics are the Competitive Advantage
  4. AI and Machine Learning become force multipliers for data analytics
  5. Blockchain moves beyond Crypto
  6. RPA catches a second wind
  7. Conversational AI becomes a legitimate interface
  8. ACPCs transform the laptop market forever
  9. Connected vehicles, autonomous drones and Smart Cities become our new reality
  10. XaaS, UX/CX, and privacy: How technology-adjacent Digital Transformation trends will take to center stage in 2020

Komentar